Sistem Metode Seikhlasnya

| Jumat, 19 Juni 2015 - 18:07:49 WIB | dibaca: 4534 pembaca

Seikhlasnya bukan tanpa batas dan juga bukan tanpa arti.

Ikhlas selama ini dimaknai dengan tanpa pamrih, atau seenaknya atau semaunya. Apalagi jika mendengar sebuah kegiatan dengan membayar seikhlasnya, maka biasanya orang kebanyakan menganggap kegiatan tersebut gratis. Sebab kegiatan yang menggunakan kata-kata ikhlas atau seikhlasnya biasanya ada pada kegiatan keagamaan. Sehingga orang berpikir kalau dalam kegiatan keagamaan orang yang berkecimpung dalam kegiatan ini tidak memerlukan uang karena kegiatan yang dilakukan merupakan suatu pengabdian. Akibatnya ketika ada sumbangan seikhlasnya, biasanya orang akan memberikan sekecil-kecilnya kalau bisa, walaupun tidak semua orang melakukan hal seperti itu.

Definisi ikhlas menurut kami ada pada pemaknaan surat Al Ikhlas ayat 2. “Allah adalah tuhan tempat bergantungnya segala sesuatu”. Jika kita bergantung kepada Allah maka kita harus menjalankan apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi apa yang dilarang Allah. Menjalankan perintah dan menjauhi larangan adalah suatu perbuatan. Suatu perbuatan akan bernilai jika perbuatan yang dilakukan sesuai dengan aturan Allah dan untuk Allah, itulah makna ikhlas.

Agar kita menjadi orang yang ikhlas maka kita harus paham aturan Allah dan mengenal Allah. Bagi umat islam aturan Allah ada pada Al Qur’an dan hadist Nabi Muhammad SAW. Sedangkan untuk mengenal Allah kita bisa mengenalnya melalui ayat yang tersurat dan yang tersirat yang ada di muka bumi. Jika kita mengenal Allah pasti kita akan melakukan suatu perbuatan untuk Allah, tetapi jika kita belum mengenal Allah perbuatan yang akan kita lakukan bisa jadi bukan untuk Allah. Berdasarkan definisi di atas maka untuk menjadi ikhlas tidak mudah karena kita harus paham aturan dan mengenal yang punya aturan.

Sistem Metode Seikhlasnya menurut kami adalah suatu sistem untuk membuat manusia menjadi ikhlas dan setelah manusia tersebut ikhlas, dengan sistem ini diharapkan manusia tersebut keikhlasannya semakin meningkat seiring dengan semakin paham aturan Allah dan semakin mengenal Allah. Harapan kami dengan sistem ini banyak manusia yang terlibat untuk terbawa menjadi ikhlas, agar bisa terjadi perbaikan kehidupan karena banyak orang yang ikhlas yang berada di sekeliling kita.

Aplikasi sistem metode seikhlasnya di KPM salah satunya dalam bentuk belajar, pelatihan dan lomba menggunakan bayaran dengan memasukan uang ke dalam keropak. Bagi yang ingin membayar seenaknya, semaunya atau tidak membayar sekalipun, kami persilahkan. Karena apa yang kami lakukan dalam sistem ini tidak bergantung pada uang keropak. Hal penting yang harus dipahami oleh para penuntu ilmu adalah kemanfaatan ilmu yang kita dapatkan tergantung dari pengorbanan yang kita lakukan.