Home JARINGAN Kiprah RPM Cikarang dalam Membumikan Matematika Berbasis MNR

Kiprah RPM Cikarang dalam Membumikan Matematika Berbasis MNR

2,195
0
SHARE
Kiprah RPM Cikarang dalam Membumikan Matematika Berbasis MNR

Bogor, Jawa Barat – Ada banyak cara yang dilakukan untuk menebar kebaikan dan manfaat kepada sesama, salah satunya dengan berbagi ilmu. Seorang Ibu Rumah Tangga, Vitri Wulandari, patut menjadi inspirasi kita semua. Ia konsisten menebar manfaat lewat jalur pendidikan kepada lingkungan sekitar.

Perempuan yang juga pernah berprofesi sebagai guru ini tergugah hatinya agar setiap aktivitasnya mendapatkan ridho dari Allah Swt. Atas dasar itulah, akhirnya Ia merintis sebuah bimbingan belajar yang bernama Rumah Pendidikan MIPA (RPM).



“Rumah Pendidikan MIPA (RPM) merupakan perpanjangan tangan dari Klinik Pendidikan MIPA yang berpusat di Bogor. Lembaga nirlaba ini didirikan dengan tujuan membumikan Sistem Metode Seikhlasnya (SMS) dan Matematika Nalaria Realistik (MNR), khususnya di wilayah Cikarang, Kab. Bekasi,” kata Vitri Wulandari.

Menjalarnya program RPM di Cikarang, memang tak bisa terlepas dari kegigihan dan naluri  Vitri sebagai seorang pendidik. Ia terus berikhtiar membangun peradaban yang baik lewat MNR, SMS, dan Suprarasional.

Vitri menuturkan, awal berdiri pada tahun 2015, lokasi RPM Cikarang berada di sebuah rumah yang beralamat di Jalan Kancil 5 Blok D No. 100, dimana rumah tersebut merupakan kediaman Vitri sendiri bersama keluarga. Tiga tahun kemudian, RPM Cikarang semakin berkembang dengan menempati sebuah Ruko yang berlokasi di Taman Simprug, Blok A3, No. 23, Jababeka 2, Cikarang Baru.

Istri dari Ari Pujiwidodo ini juga mengungkapkan bahwa, dukungan dari keluarga dan kerjasama yang baik dengan orang tua siswa, mitra RPM, dan lembaga sekolah di Cikarang menjadi faktor kunci berkembangnya RPM Cikarang.

"Alhamdulillah, atas izin Allah Swt dan dukungan dari berbagai pihak, RPM Cikarang semakin dipercaya untuk berkiprah dan memberikan kontribusi bermanfaat lewat jalur pendidikan,” ungkapnya. Hal tersebut terbukti dengan selalu digelarnya pertemuan rutin baik dengan orang tua maupun silaturahmi ke berbagai lembaga pendidikan.

Kini, siswa binaan RPM Cikarang pun telah mencapai 220 siswa, dimana sebelumnya berkisar di angka 50. Tak hanya itu, RPM Cikarang pun telah memiliki 31 mitra lembaga sekolah dari hasil pelaksanaan Uji Soal MNR.

Suasana Belajar di RPM Cikarang, Kab. Bekasi


Selain itu, RPM Cikarang juga telah memiliki mitra 4 Klub Matematika Seikhlasnya (KMS) yang tersebar di Cikarang, di antaranya: SDI Al Azhar 12 Cikarang, SDIT Al Kautsar Cikarang, SMPIT Al Fawwaz Cikarang, SDIT An Najma Cikarang, dan 1 lembaga RPM di Perumahan Bumi Citra Lestari. 

Adapun beberapa program yang telah dijalankan RPM Cikarang, seperti Kelas Matematika, Kelas IPA, Kelas Fokus UN, Fun Math and Science, dan Pembinaan Persiapan Kompetisi Matematika dan IPA.

Sementara itu, menurut Dadan Hidayat selaku Kepala SDIT Al Kautsar Cikarang, kerja sama yang terbangun selama satu tahun dengan RPM Cikarang, banyak sekali memberikan manfaat bagi siswa, tenaga pendidik, dan lembaga sekolah. “Alhamdulillah, kehadiran RPM menjadi inspirasi kami untuk membuka Klub Matematika Seikhlasnya (KMS). Selain metode pembelajaran yang bernalar, visi-misi RPM juga senada dengan lembaga pendidikan, yakni meninggikan derajat manusia” ungkap Dadan Hidayat.

 

Sumber: 

www.bogorplus.com

www.republika.co.id